Skip to main content

Hari IBU di Dunia...


Selamat hari IBU........ 

Sebenarnya hari ibu itu gk cuma diperingati setiap tanggal 22 Desember, tapi bagi seorang anak...hari Ibu itu adalah setiap hari, setiap jam, setiap menit dan setiap detik. Karena rasa sayang Ibu tidak pernah berhenti mengalir untuk buah hatinya..(LOVE U MOM.. ^^..)

Di postingan kali ini, aku cuma pingin sedikit mencomot ulasan tentang hari Ibu di beberapa negara. Info ini aku dapat dari koran KOMPAS edisi 20 Desember 2012.

Australia
Negara ini merayakan hari Ibu pada minggu ke2 bulan Mei. tradisi memberikan hadiah saat hari Ibu di Australia diawali oleh Janet Heyden pada 1924. Ia menulai tradisi dengan mengunjungi pasien di Newington State Home for Women. Disana janet bertemu banyak ibu2 yang kesepian dan terlupakan. Untuk menghibur mereka, dia mengajak anak2 sekolah memberikan hadiah kepada para ibu tersebut.. Setelah itu, hari Ibu mulai dirayakan. Salah satunya dengan memberikan bunga Crhysantemum kepada Ibu.

Perancis
Awal mulanya perayaan hari Ibu di Perancis cukup menarik. Pada tahun 1896 dan 1904, angka kelahiran bayi di negara ini sangat rendah. Oleh sebab itu, muncul wacana memberikan penghargaan kepada ibu yang melahirkan banyak anak. Akhirnya, pada tahun 1906, 10 ibu yang memiliki 9 anak mendapatkan penghargaan "High Maternal Merit".
Bahkan pada tahun 1920, pemerintah sampai memberikan medali spesial kepada ibu yang memiliki banyak anak. Namun, mulai tahun 1941, atas inisiatif Philippe Petain, meski tetap mendukung kebijakan banyak anak, para ibu yang memiliki anak sedikit juga tetap diapresiasi.

Nepal
Perayaan hari Ibu di negara ini diadakan pada dua minggu terakhir bulan Baisakh atau sekitar bulan April atau Mei. Pada hari tersebut dirayakan juga festival Mata Tirtha Aunsi untuk mengenang jasa para Ibu yang telah meninggal dunia. Tradisi dilakukan dengan berziarah ke kolam Mata Tirtha yang berada 6 mil dari Kathmandu.
Tradisi ini berasal dari kisah meninggalnya seorang ibu pengembala. Lalu, pengembala tersebut melakukan persembahan di dekat kolam. Tak lama kemudian, dia melihat wajah ibunya dengan tangan menjulur dari kolam mengambil persembahan tersebut. Sejak itu, banyak orang berkunjung ke kolam untuk melihat kembali wajah ibunya yang telah meninggal.

Amerika Serikat
Negara ini merayakan hari Ibu pada minggu kedua bulan Mei. Perayaan hari Ibu dipopulerkan oleh Anna Jarvis dari Virginia Barat pada tahaun 1908. Usahanya berbuah manis ketika presiden Woodrow Wilson meresmikan hari Ibu sebagai hari libur nasion pada thaun 1914. Menariknya, di negara ini hari Ibu menjadi hari terbesar untuk penjualan bunga dan kartu ucapan selamat, serta penggunaan telepon jarak jauh.

Well...kalo cerita Hari Ibu di Indonesia gimana ya?? What do U think?? ^^

Comments

Popular posts from this blog

Bell's Palsy

Bell's Palsy... Dulu aku belum pernah mendengar istilah yang satu ini, sampai beberapa hari yang lalu. Bell's Palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Hal ini disebabkan karena terjadinya disfungsi syaraf ke VII (syaraf fascialis) yang mengatur segala gerakan pada otot wajah . Penyakit ini tidak sama dengan stroke, karena penyakit ini tidak mengakibatkan kesulitan/kelemahan anggota gerak, melainkan hanya mengakibatkan kesulitan pengaturan sebagian otot wajah. Misalnya menutup kelopak mata, meniup, tersenyum dan sebagainya. Kenapa aku bisa tiba2 mengetahui istilah penyakit ini? Karena Allah sayang padaku dan menguji kesabaran dan keimananku melalui penyakit yang satu ini.  Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu (16 April 2011).. aku sedang asik bersenda gurau dengan teman2ku. Tiba-tiba pada saat makan siang, aku mulai merasa agak kesulitan untuk mengunyah. Tapi aku maseh belum sadar dengan gej

KaPerLek...

Have U ever hear about KaPerLek? Do U know what its mean? I got this this word from my mother. KaPerlek its mean "Kapan Perlu Lekas". Hahaha...Funny ha? ^o^ Let me explain about this word... (pake bahasa Indonesia ja ya..hehe). Biasanya, istilah KaPerLek ini digunakan and ditujukan bagi orang2 yang menjalin relationship hanya berdasarkan kebutuhan dirinya saja. Baik dalam persahabatan or pacaran. Pada saat dia membutuhkan, maka si sohib or doi musti segera hadir and membantu dia. Makanya dibilang 'Kapan Perlu, Lekas!!'.. So, relationship seperti ini berarti gk tulus dunk... Orang seperti ini hanya menjalin persahabatan/relationship untuk kepentingan dirinya sendiri. Yah..bisa dibilang misalnya tipe relationshipnya orang2 matre... Dia berteman karena faktor harta sohibnya, or dia pacaran karena si doi tajir and banyak duit. Contoh lain..persahabatan yang hanya didasari untuk membantunya menyelesaikan tugas/PR..or nyontek waktu midterm. Kalo gk dibantu, ntar bilangnya

Spirited Away...

Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi   (千と千尋の神隠し)  adalah salah satu film favoritku yang diterbitkan oleh Studio Ghibli pada tahun 2001. Film ini disutradai oleh anime Jepang, Hayao Miyazaki.   Film ini mengisahkan tentang seorang gadis berusia sepuluh tahun yang bernama Chihiro. Ia pindah ke kota lain di wilayah Jepang bersama kedua orang tuanya. Chihiro tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut mempengaruhi dirinya , mengeluh tentang semuanya, termasuk sekolah barunya. Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mencoba mencari jalan pintas yang berakhir ke sebuah bangunan misterius. Orang tua Chihiro merasa penasaran dan masuk melewati gerbang yang gelap dari bangunan tersebut. Di sana mereka menemukan sebuah taman yang mereka asumsikan sebagai taman bermain. Akan tetapi taman tersebut sebenarnya merupakan perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia. Ke