25 November 2011

SMPN 6 RSBI (Banda Aceh)

Welcome to SMPN 6 RSBI
SMP Negeri 6 RSBI.... Disinilah saat ini aku bekerja. Peranku adalah sebagai staff pengajar Biologi..walaupun masih honor =) ... Sekolah ini merupakan salah satu sekolah di Banda Aceh dengan status 'RSBI' alias Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional... Hmmm, kebayang dunk gimana sistem pengajaran di sekolah ini. Yap... #internasional... kata ini agak berat memang untuk disandang. Artinya.. setiap proses belajar mengajar diusahakan dalam dua bahasa..alias Bilingual (Indonesia and English)... Honestly, Its not easy... Setiap guru yang mengajar di sekolah ini dituntut mampu mengajar dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Terutama para guru Science and Math.. Nah, sebagai salah satu pengajar science (Biology) semaksimal mungkin aku berusaha untuk menyiapkan semua bahan mengajar in English, meski dalam penjelasan aku lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia.. Karena penjelasan dalam bahasa Inggris kadang masih sulit diterima or dicerna oleh para siswa/siswiku. Apalagi bahasa Inggris ku masih belepotan.. hehe =D

The Fountain...
Moreover, kadang sering miscommunication antara aku and siswa/siswi ku dalam proses pembelajaran in English ini. Selain karena bahasa Inggrisku yang masih pas2an... pembendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang dimiliki oleh studentsku juga masih sangat kurang. Terutama istilah2 Biologinya... Walau bagaimanapun, aku yakin mereka sebenarnya bisa, tapi mungkin motivasi untuk meng-improve nya yang masih sangat minim... Nah, itulah tugasku sebagai seorang guru. Musti berusaha mencari cara yang tepat agar mereka bisa meningkatkan ilmunya.. Kalau mereka sukses, kan aku juga yang senang (^o^)/

My Lovely Students (Grade IX)
My Lovely Students (Grade VIII)
Asiknya mengajar di sekolah ini.. Alhamdulillah fasilitas ICT nya lengkap, sehingga sangat membantu proses pembelajaran. Karena aku biasanya mengajar dengan menggunakan power point or video/animasi. Dengan demikian, aku berharap semua ilmu yang kuberikan pada siswa/siswiku bisa dengan mudah mereka terima dan bermanfaat bagi mereka. Sekolah ini juga menyediakan banyak fasilitas lainnya, seperti jaringan WIFI, perpustakaan and Lab Komputer. Oiya...fasilitas Laboratorim IPA nya juga lumayan lengkap, banyak Charta dan preparat2 Biology yang sangat mendukung proses pembelajaran. Sayangnya...gedung lab IPA ini masih gedung lama dan pernah diterjang Tsunami pada tahun 2004, sehingga dindingnya penuh garam... Nah kondisi ini membuat lingkungan laboratorium menjadi lembab. Akibatnya banyak mikroskop yang berjamur... walaupun sudah diletakkan dalam lemari khusus (berlampu)..tetap saja mikroskop ini tidak tertolong (_ _!). Tapi good newsnya adalah... saat ini SMPN 6 RSBI sedang pembangunan besar-besaran. Alhamdulillah ya... Bangunan-bangunan kelas sudah dibangun, rata2 semuanya berlantai dua... Mushalla dan gedung laboratorium juga sedang dalam tahap pembangunan. 

New Building (Class Room) 
Semoga seiring berjalannya waktu, SMP Negeri 6 RSBI ini mampu mencetak siswa/siswi yang berprestasi dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa... Dan semua ini tidak akan lepas dari peranana para pahlawan tanpa tanda jasa... Aku juga berharap, smoga suatu saat aku bisa menjadi guru tetap di sekolah ini.. hehe.. Hopefully (^-^)v

5 comments:

ari pratama said...

masak gak ada ya di ceritain tentang ALUMNI yang tahun lalu T.T

Farissi Momiji (イチ) said...

Ne secara umum ja kok ttg smp6 ^-^

Al Haq Firdaus Z said...

... salam buat guru honor yg baru ,, perkenalkan saya Alumni SMP N 6 Banda Aceh thn lulus 2003. sudah 8 thn tdk pernah ke almamater di kp.pineung. setelah pasca tsunami, 100% berbeda dgn yg dulu SMP N 6 ini. Saya pengen kesana ketika saya cuti kerja, semoga lulusan sekolah ini bisa melnjutkan SMA favorit, semoga impian ibu bsa kecapaimnjadi guru tetap, Amin .. Salam saya buat ibu serta bpk guru ketika masa itu , bila boleh saya minta no.hp yg bsa di hubungi (Mrs. Jamila, English Teacher) ... Salam saya : Firdaus Ziaulhaq - Jeddah . :)

Farissi Momiji (イチ) said...

Salam kenal juga. Mohon maaf, sayangnya sekarang saya udh gk ngajar lagi di SMP 6.. And sepengetahuan saya Mrs. jamila udh gk ngajar lagi di SMP 6..jadi saya gk punya no HP beliau... =)

pengurus situs said...

salam, bu.
saya lagi jalan-jalan ngblog, hhh, blogwalking, eh ketemu blog ini. blognya bagus dan bermamfaat bu, update lagi. salam kenal. terima kasih. (Buku BSE SMP.)

Post a Comment