Skip to main content

The Empty Boxes


Dalam menjalani kehidupan, aku sering menganggap bahwa diriku ini seperti kumpulan kotak2 kosong. Banyak hal yang harus kucari dan ku isi ke dalam kotak ini. Ntah perumpaan ini benar atau tidak..tapi itulah yang aku rasa. Kotak kosong ini harus aku isi dengan hal-hal yang bermanfaat, bagiku..and bagi orang2 yang aku sayang. Dulu, saat aku masih duduk di bangku sekolah... kotak yang harus kuisi adalah *kotak ilmu*. Hal-hal lainnya tidak terlalu membebani pikiranku... Kalo berbicara *kotak amal&iman*...no excuse!! itu wajib hukumnya.. Walau mungkin amal ibadahku belum seperti para ulama or para kiai, tapi aku terus berusaha mengisinya hingga saat ini dan seumur hidupku. Aku juga terus berusaha untuk mengisi *kotak kebahagiaan*... kebahagiaan orang tua dan orang2 yang aku sayang adalah yang paling utama.. Banyak juga kotak2 lainnya. Seperti *kotak tanggung jawab, kotak impian, kotak rejeki* and de el el. 

Tapi tidak bisa kupungkiri bahwa banyak juga kotak2 yang tidak ingin kuisi namun tetap penuh. Kotak-kotak yang seharusnya aku buang jauh2 dari kehidupanku... Salah satunya adalah *kotak kesalahan*. Akhir-akhir ini, tanpa kusadari aku banyak berbuat salah dan terus menyakiti orang2 di sekitarku. Aku tidak sadar, bahkan dengan bodohnya aku merasa bahwa apa yang ku lakukan bukanlah sesuatu hal yang salah. Tidak sadar, tidak berniat...tapi tetap saja menyakiti orang lain. Yang lebih menyedihkan lagi adalah... aku selalu berusaha belajar dari kesalahan tersebut dan berusaha meperbaikinya. Tapi, ntah kenapa..aku selalu mengulanginya... berulang-ulang dan terus berulang. Kesalahan yang ku lakukan ini sebenarnya tidak hanya menyakiti mereka...tapi juga diriku sendiri. Terkadang malah aku melakukan sesuatu seperti layaknya gerak reflek..terjadi begitu saja secara spontan dan latah tanpa melalui "otak".... involuntary. God, it so saddening..but it is fact!! (_ _!)
Benar2 menyedihkan....karena aku merasa terlalu sering menyakiti orang-orang disekitarku, terutama mereka yang aku sayang. Berusaha berubah, tapi kenapa sulit sekali..apa ada masalah dalam caraku berfikir? or mungkin hatiku sudah rusak..sehingga rasa sensitif terhadap perasaan orang lain jadi hilang? Apa aku tipe orang yang selfish? Hal ini membuat aku jadi takut untuk bersosialisasi dengan orang banyak...takut akan menyakiti orang lain lagi...  Aku berharap semoga kotak2 kosong yang terisi ini adalah kotak2 yang bersifat #positif... Meskipun demikian, aku sadar banget.. untuk bisa meraih semua yang bersifat positif, tidak bisa terhindarkan dari yang bersifat negatif. Mengambil hikmah dari tiap kesalahan..agar tidak terulang dikemudian hari. Tapi aku letih jika harus terus mengulang keslahan yang sama. Itu artinya aku tidak mengambil hikmah apapun dari setiap kesalahan yang aku perbuat...Hhhhuufft, sangat butuh petunjuk dan pencerah dari Nya.

Comments

Popular posts from this blog

Lanjut Studi?

Lagi jealous tingkat dewa nih... cemburu sama kawan-kawan yang lagi sibuk-sibuk ngurus berkas u studi lanjut ke jenjang S3..Aku? pingin banget... Tapi secara tanggung jawab, aku sadar banget...as a Mommy, ada tanggung jawab yang lebih besar u kedua anak-anak ku. Lagian..kalau memang harus lanjut sekolah, mana sanggup ninggalin keluarga...hehe..Biarlah, kalau ada rejeki..aku lanjut studi nya di sini saja, biar tidak jauh dari keluarga, suami dan anak-anak. toh insyaAllah..imbalannya lebih besar.. Jannah.. Semangat u teman-teman yang akan berjuang di program Dr/ Ph.D nya... ^^

Wisuda Adat Ceremony

Anjong Monmata Jadi ceritanya kemarin, tepatnya 31 Januari 2012..kami semua para penerima beasiswa PEMDA yang telah menyelesaikan kuliahnya akan diwisuda secara adat di Anjong Monmata.. Wisuda Adat ini adalah yang kedua. Artinya, tahun 2010 yang lalu Wisuda Adat I juga telah diselenggarakan oleh pemerintah Aceh. Nah, para alumni yang diwisuda hari ini adalah para penerima beasiswa tahap ke2.. Yah, bisa dikatakan demikian.. Namun sebenarnya kami semua adalah para penerima beasiswa PEMDA yang dikumpulkan sejak akhir 2009 yang lalu, dan baru menyelesaikan studynya di pertengahan or akhir 2011. Maka hari ini berkumpullah para alumni tersebut =) Acara ini disaksikan langsung oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf beserta istri dan para Pimpinan pengelola Beasiswa Aceh. Selain itu juga, para alumni yang akan diwisuda ini berasal dari berbagai Universitas di beberapa negara yang telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Aceh. Diantaranya, Malaysia, Timur Tengah, US, Jerman, Australia,...

Celoteh kami...(Duhai Jodoh)

Suatu hari aku dan teman2ku sedang asik ngumpul and berceloteh ria...ntah bagaimana tiba2 saja pembicaraan jadi menuju ke masalah "JODOH". Mungkin karena umur kami memang sudah saatnya untuk segera menemukan jodohnya and membina keluarga. Salah satu temanku bercerita bahwa saat ini ada seorang pria yang sedang memberikan perhatian untuknya, sepertinya seh perhatiannya itu special. Tapi temanku ini tidak mau terlalu berharap and GR. So, sebagai seorang wanita dia tidak mau terlalu membalas perhatian dari si pria tersebut. temanku yang lain juga ikut bercerita, katanya saat ini dia sedang naksir ma seseorang and pria tersebut juga cukup perhatian kepada dirinya. Tapi, again...tidak mau memberikan respon apapun terhadap sikap pria tersebut. Dia memilih untuk diam dan memendam perasaan itu sendiri. Dengan alasan takut kecewa dan takut nantinya pria tersebut sikapnya akan berubah n tidak mau lagi berkomunikasi