Skip to main content

Arrietty The Borrower




Arrietty The Borrower (借りぐらしのアリエッティ Kari-gurashi no Arietti) adalah film animasi Jepang yang diproduksi pada tahun 2010 oleh Studio Ghibli. Film ini menceritakan tentang kisah Arietty si manusia peminjam, yang memiliki tinggi tubuh sekitar 10 cm. Arietty dan keluarganya tinggal di bawah rumah manusia dan hidup dengan meminjam makanan dan perlengkapan yang ada di rumah tersebut. Misalnya seperti sedikit gula dan listrik.
Kisah ini bermula ketika seorang anak laki-laki bernama Sho, tiba di kediaman ibunya sewaktu kecil (Di rumah inilah Arietty dan keluarganya tinggal). Kesehatan Sho tidaklah baik, ia mengalami kelainan jantung dan akan menjalani operasi besar. Inilah alasan mengapa Sho pindah ke rumah tersebut. Ia membutuhkan tempat yang mampu menenangkan pikirannya dan menjaga kondisinya sebelum operasi. Di rumah ini, Sho tinggal dengan bibinya Sadako dan pembantu rumah mereka, Haru.

Arrietty

Ketika pertama sekali tiba di rumah tersebut, Sho melihat seekor kucing  yang sedang berusaha menangkap sesuatu di balik semak-semak. Kemudian Sho mendekati semak-semak tersebut dan berusaha melihat, apa yang diserang oleh kucing itu. Saat itulah Sho melihat Arrietty si peminjam. Akan tetapi, saat itu Arietty masih belum menyadari bahwa sosoknya telah terlihat oleh Sho.

Arrietty, Pod and Homily
Malam itu, Ayah Arietty yang bernama Pod membawa Arietty untuk masuk ke rumah Sho, dan menunjukkan cara bagaimana mendapatkan gula dari dapur rumah tersebut. Sebelum mereka meninggalkan rumah tersebut, Arrietty menyadari bahwa Sho belumlah tidur. Arrrietty terkejut dan menjatuhkan gula yang baru saja mereka peroleh. Kemudian, tanpa melihat ke arah mereka… Sho mengatakan agar mereka janganlah takut kepadanya. Namun Arrietty dan Pod tetap pergi meninggalkan Sho, mereka khawatir akan terjadi hal yang buruk kepada diri mereka.

Sho and Arrietty
Di hari berikutnya, Sho meletakkan gula di dekat ventilasi udara..dimana pertama sekali ia melihat Arrietty. Ibu Arrietty, Homily…mengingatkan Arietty agar tidak mengambil gula tersebut. Karena mereka harus tetap merahasiakan keberadaan ‘The Borrowers’ dari manusia. Akan tetapi, Arrietty tetap menjumpai Sho, dan mereka akhirnya berteman dekat. Pod dan Homily menyadari bahwa keberadaan mereka telah diketahui oleh manusia..dan mereka memutuskan untuk segera pindah dari rumah tersebut.
Dari bibinya, Sadako… Sho mengetahui bahwa Kakek buyut Sho telah mengetahui keberadaan para Borrowers di rumah tersebut, dan membuat sebuah rumah boneka yang sangat indah khusus buat mereka. Akan tetapi, para Borrowers tidak pernah terlihat lagi..dan rumah boneka itu tetap berada di kamar Sho. Keesokan harinya, Sho membuka lantai dasar rumah dan menemukan rumah Arrietty. Kemudian Sho menggantikan dapur rumah Arrietty dengan dapur yang sangat indah dari rumah boneka yang dibuat oleh kakek buyut Sho.
Sementara itu, Haru sang pembatu rumah menyadari bahwa Sho telah membuka papan pada lantai dasar. Saat Haru membukanya, ia menemukan Homily. Lalu Haru menangkap Homily dan menahannya di dalam toples selai. Agar rencananya tidak terganggu, Haru mengunci Sho di dalam kamarnya. Arrietty yang menyadari bahwa ibunya, Homily telah hilang..segera meminta bantuan Sho. Kemudian mereka berdua keluar dari kamar tersebut dan menyelamatkan Homily.


Potongan Adegan Arrietty the Borrower

Karena menyadari bahwa keselamatan mereka telah terganggu, akhirnya Arrietty dan keluarganya memutuskan untuk segera pindah rumah malam itu juga. Saat mereka mulai berjalan menjauh dari kediaman Sho, kucing Sho mencium jejak mereka dan membawa Sho menjumpai Arrietty (Ini adegan favoritQ ^^ ). Di sinilah Sho memberikan gula kepada Arrietty sebagai tanda perpisahan mereka, dan Arrietty pun memberikan jepit rambutnya kepada Sho. Kemudian Arrietty dan keluarganya menyebrangi sungai untuk memulai kehidupan yang baru.


Hmmm...pinginnya sih Arrietty tetap tinggal dengan Sho, tapi mau gimana lagi.. Bukan aku yang nulis cerita. Hehehe.. =D Tapi film ini tetap seru untuk ditonton, animasinya juga keuren2 banget..dianjurkan banget deh untuk nonton ne film ^^d


image
sumber

Comments

Popular posts from this blog

Bell's Palsy

Bell's Palsy... Dulu aku belum pernah mendengar istilah yang satu ini, sampai beberapa hari yang lalu. Bell's Palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Hal ini disebabkan karena terjadinya disfungsi syaraf ke VII (syaraf fascialis) yang mengatur segala gerakan pada otot wajah . Penyakit ini tidak sama dengan stroke, karena penyakit ini tidak mengakibatkan kesulitan/kelemahan anggota gerak, melainkan hanya mengakibatkan kesulitan pengaturan sebagian otot wajah. Misalnya menutup kelopak mata, meniup, tersenyum dan sebagainya. Kenapa aku bisa tiba2 mengetahui istilah penyakit ini? Karena Allah sayang padaku dan menguji kesabaran dan keimananku melalui penyakit yang satu ini.  Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu (16 April 2011).. aku sedang asik bersenda gurau dengan teman2ku. Tiba-tiba pada saat makan siang, aku mulai merasa agak kesulitan untuk mengunyah. Tapi aku maseh belum sadar dengan gej

KaPerLek...

Have U ever hear about KaPerLek? Do U know what its mean? I got this this word from my mother. KaPerlek its mean "Kapan Perlu Lekas". Hahaha...Funny ha? ^o^ Let me explain about this word... (pake bahasa Indonesia ja ya..hehe). Biasanya, istilah KaPerLek ini digunakan and ditujukan bagi orang2 yang menjalin relationship hanya berdasarkan kebutuhan dirinya saja. Baik dalam persahabatan or pacaran. Pada saat dia membutuhkan, maka si sohib or doi musti segera hadir and membantu dia. Makanya dibilang 'Kapan Perlu, Lekas!!'.. So, relationship seperti ini berarti gk tulus dunk... Orang seperti ini hanya menjalin persahabatan/relationship untuk kepentingan dirinya sendiri. Yah..bisa dibilang misalnya tipe relationshipnya orang2 matre... Dia berteman karena faktor harta sohibnya, or dia pacaran karena si doi tajir and banyak duit. Contoh lain..persahabatan yang hanya didasari untuk membantunya menyelesaikan tugas/PR..or nyontek waktu midterm. Kalo gk dibantu, ntar bilangnya

Spirited Away...

Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi   (千と千尋の神隠し)  adalah salah satu film favoritku yang diterbitkan oleh Studio Ghibli pada tahun 2001. Film ini disutradai oleh anime Jepang, Hayao Miyazaki.   Film ini mengisahkan tentang seorang gadis berusia sepuluh tahun yang bernama Chihiro. Ia pindah ke kota lain di wilayah Jepang bersama kedua orang tuanya. Chihiro tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut mempengaruhi dirinya , mengeluh tentang semuanya, termasuk sekolah barunya. Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mencoba mencari jalan pintas yang berakhir ke sebuah bangunan misterius. Orang tua Chihiro merasa penasaran dan masuk melewati gerbang yang gelap dari bangunan tersebut. Di sana mereka menemukan sebuah taman yang mereka asumsikan sebagai taman bermain. Akan tetapi taman tersebut sebenarnya merupakan perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia. Ke