Skip to main content

Puasakah Kita? (Jajanan Berbuka)


Puasa... Makna puasa sebenarnya jauh dari hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Melalui berpuasa, umat muslim seharusnya mampu menahan diri dari segala hawa nafsu, membicarakan orang lain, menjaga kesehatan, menjaga hati, menjalin silahturahmi... dan ikut merasakan penderitaan saudara2 kita yang selama ini slalu kekurangan dan kelaparan. Tapi sepertinya banyak dari kita yang belum menyadari hal ini, termasuk diri saya sendiri.
Yang paling mengusik hati saya, bukanlah soal bagaimana kita beribadah di Bulan Ramadhan, seperti mengaji atau shalat taraweh. Atau membicarakan tentang mengontrol hawa nafsu, menjaga hati dan tidak membicarakan orang lain (gosip). Bukan karena saya sudah sangat 'ahli' dan mampu menjaga semua hal diatas. Tapi karena semua itu kan sudah sering dibicarakan oleh para ustadz dan ulama. Tapi saya rasa, ada satu hal yang terkesan biasa terjadi di lingkungan kita.. atau seperti tradisi di Bulan Ramadhan. Namun menurut saya hal ini justru jauh dari makna Puasa.
Saya teringat saat pertama sekali saya mulai diajarkan berpuasa. Kalo tidak salah, pada saat saya masih duduk di bangku SD, tepatnya kelas 1 SD. Pertama sekali saya mulai berpuasa, tapi masih setengah hari. Sore itu saya diajak oleh Ayah mencari makanan berbuka. Jujur..saya kaget melihat begitu banyak jajanan di sepanjang jalan itu. Karena sebelum Ramadhan, jalan itu kosong..tidak ada orang yang berjualan minuman atau makanan sebanyak itu. Saya sempat bertanya pada Ayah tentang hal itu, dan kata2 yang terucap berikutnya adalah... "ihh..ngiler Yah, rasanya pingin beli semua". 
Spanjang jalan pulang, obrolan kami adalah tentang jajanan berbuka yang ada di sepanjang jalan. Kenangan hari itu masih sangat melekat dalam benak saya. Dulu saya masih kecil, dan belum terlalu serius menanggapi hal tersebut. Tapi semenjak saya mulai wajib puasa hingga sekarang, setiap kali keluar rumah sore hari di bulan Ramadhan... saya tidak pernah habis pikir melihat jajanan yang bejibun itu. Coba kalian perhatikan, kebanyakan yang berjualan bukanlah orang2 yang memang membutuhkan uang dengan berjualan kue/minuman. Tapi lebih banyak yang berjulan adalah cew2 atau cow2 keren dengan mobil mewahnya. Dari penampilan mereka saja sudah keliatan kalo mereka adalah orang2 berada alias berduit. Nah..kalo disebelah mereka duduk ibu2 atau bapak2 yang sudah paruh baya, dengan kue jualan yang seadanya. Menurut kalian para pembeli akan membeli kue yang mana? Sudah pasti ke cew/cow yang 'cling' itu kan? trus bagaimana dengan ibu/bapak tersebut..mereka yang benar2 membutuhkan uang untuk memenuhi kehidupan sehari2nya. Bagaimana jika jajanannya tidak habis terjual hari itu? apakah mereka masih punya uang untuk esok harinya?? Pernahkah terpikirkan oleh kita?
Tidak hanya itu saja... ada satu lagi yang ingin saya bahas. Coba kita bayangkan... sebelas bulan yang lain, selain bulan Ramadhan.. mereka yang kelaparan dan tidak punya uang untuk mengisi perutnya yang kosong,  tidak perlu ngiler melihat begitu banyak jajanan (makanan dan minuman) yang terpampang di sepanjang jalan. Tapi kenapa justru di bulan Ramadhan, dimana seharusnya para umat muslim ikut merasakan penderitaan mereka...malah berbondong-bondong memamerkan semua kelezatan itu disepanjang jalan. Cobaan terhadap mereka para fakir-miskin justru semakin menjadi-jadi.
Ditambah lagi, terkadang kita sering lupa diri.... menahan haus dan lapar sejak imsak hingga magrib. Pada saat berbuka, segala jenis makanan dan minuman tersedia di atas meja. Kita berbuka dengan begitu lahap hingga kekenyangan, bahkan terkadang makanan/minuman tersebut tidak sanggup kita habiskan. Hingga akhirnya basi...mubazir. Lalu, apakah benar kita semua telah berpuasa?? 
Saya membaca sebuah artikel yang sangat menyentuh tentang 'Puasa'. Tepatnya sebuah cerpen singkat (sumber). saya rasa cerpen ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua, agar kita lebih menyadari makna berpuasa.


Kami terus berpuasa meski bukan saatnya berpuasa,
lantaran ketiadaan makanan,
lantaran ketiadaan minuman.
kami berpuasa tanpa ujung!


kami lapar...sementara perut kalian kenyang
kami sakit, tanpa ada obat..apalagi biaya berobat
sementara kalian menambah terus kesakitan kami
dengan mempertontonkan kemewahan dunia di hadapan kami
di depan mata kami....
yang sedang berpakaian kemiskinan
Kami menangis, kami merintih

Adakah diantara kalian yang peduli...?

#Semoga kita semua mampu menjadi orang2 yang lebih memahami makna berpuasa. AMIN

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bell's Palsy

Bell's Palsy... Dulu aku belum pernah mendengar istilah yang satu ini, sampai beberapa hari yang lalu. Bell's Palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Hal ini disebabkan karena terjadinya disfungsi syaraf ke VII (syaraf fascialis) yang mengatur segala gerakan pada otot wajah . Penyakit ini tidak sama dengan stroke, karena penyakit ini tidak mengakibatkan kesulitan/kelemahan anggota gerak, melainkan hanya mengakibatkan kesulitan pengaturan sebagian otot wajah. Misalnya menutup kelopak mata, meniup, tersenyum dan sebagainya. Kenapa aku bisa tiba2 mengetahui istilah penyakit ini? Karena Allah sayang padaku dan menguji kesabaran dan keimananku melalui penyakit yang satu ini.  Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu (16 April 2011).. aku sedang asik bersenda gurau dengan teman2ku. Tiba-tiba pada saat makan siang, aku mulai merasa agak kesulitan untuk mengunyah. Tapi aku maseh belum sadar dengan gej

KaPerLek...

Have U ever hear about KaPerLek? Do U know what its mean? I got this this word from my mother. KaPerlek its mean "Kapan Perlu Lekas". Hahaha...Funny ha? ^o^ Let me explain about this word... (pake bahasa Indonesia ja ya..hehe). Biasanya, istilah KaPerLek ini digunakan and ditujukan bagi orang2 yang menjalin relationship hanya berdasarkan kebutuhan dirinya saja. Baik dalam persahabatan or pacaran. Pada saat dia membutuhkan, maka si sohib or doi musti segera hadir and membantu dia. Makanya dibilang 'Kapan Perlu, Lekas!!'.. So, relationship seperti ini berarti gk tulus dunk... Orang seperti ini hanya menjalin persahabatan/relationship untuk kepentingan dirinya sendiri. Yah..bisa dibilang misalnya tipe relationshipnya orang2 matre... Dia berteman karena faktor harta sohibnya, or dia pacaran karena si doi tajir and banyak duit. Contoh lain..persahabatan yang hanya didasari untuk membantunya menyelesaikan tugas/PR..or nyontek waktu midterm. Kalo gk dibantu, ntar bilangnya

Spirited Away...

Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi   (千と千尋の神隠し)  adalah salah satu film favoritku yang diterbitkan oleh Studio Ghibli pada tahun 2001. Film ini disutradai oleh anime Jepang, Hayao Miyazaki.   Film ini mengisahkan tentang seorang gadis berusia sepuluh tahun yang bernama Chihiro. Ia pindah ke kota lain di wilayah Jepang bersama kedua orang tuanya. Chihiro tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut mempengaruhi dirinya , mengeluh tentang semuanya, termasuk sekolah barunya. Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mencoba mencari jalan pintas yang berakhir ke sebuah bangunan misterius. Orang tua Chihiro merasa penasaran dan masuk melewati gerbang yang gelap dari bangunan tersebut. Di sana mereka menemukan sebuah taman yang mereka asumsikan sebagai taman bermain. Akan tetapi taman tersebut sebenarnya merupakan perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia. Ke