Skip to main content

Spirited Away...


Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi  (千と千尋の神隠し) adalah salah satu film favoritku yang diterbitkan oleh Studio Ghibli pada tahun 2001. Film ini disutradai oleh anime Jepang, Hayao Miyazaki. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis berusia sepuluh tahun yang bernama Chihiro. Ia pindah ke kota lain di wilayah Jepang bersama kedua orang tuanya. Chihiro tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut mempengaruhi dirinya , mengeluh tentang semuanya, termasuk sekolah barunya.

Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mencoba mencari jalan pintas yang berakhir ke sebuah bangunan misterius. Orang tua Chihiro merasa penasaran dan masuk melewati gerbang yang gelap dari bangunan tersebut. Di sana mereka menemukan sebuah taman yang mereka asumsikan sebagai taman bermain. Akan tetapi taman tersebut sebenarnya merupakan perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia.

Ketika berjalan menyusuri sungai, mereka mencium bau makanan dan mengikuti aromanya melewati lembah berumput menuju ke sebuah desa kecil yang penuh dengan restoran. Walaupun restoran tersebut kosong, namun mejanya penuh dengan hidangan2 lezat. Orang tua Chihiro memakan makanan tersebut, tetapi Chihiro tidak ikut masuk. Chihiro kemudian melihat sebuah jembatan yang menuju sebuah pemandian umum yang besar. Disanalah Chihiro bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Haku. Haku sangat terkejut melihat Chihiro dan memperingatinya untuk segera pergi sebelum matahari terbenam. Saat itu juga, langit mulai gelap dan lampu di pemandian tersebut dinyalakan. Haku memberitahu Chihiro untuk menyebrangi sungai secepat mungkin, sementara ia akan mengalihkan perhatian yang lainnya (para arwah)
Chihiro berlari kembali ke restoran dimana kedua orang tuanya makan, dan menemukan bahwa mereka telah berubah menjadi babi. Dia sangat ketakutan dan mencoba kembali ke mobilnya. Akan tetapi Chihiro terhentikan di tengah jalan karena padang rumput yang ia lewati sebelumnya telah tenggelam di bawah air.
Chihiro semakin bingung ketika dia menjadi transparan. Haku kemudian membantunya dengan memberinya makanan dari dunia arwah, sehingga dia tidak lagi menghilang. Haku membantu Chihiro untuk menyelinap masuk ke pemandian umum yang dimiliki oleh seorang penyihir bernama Yubaba. Haku memberitahu Chihiro bahwa satu-satunya cara agar dia hidup selamat di dunia arwah tersebut adalah dengan bekerja di pemandian umum, dan meyelamatkan orang tuanya.
Chihiro menuruti nasehat Haku dan meminta Kamaji, seorang pekerja pemanas air untuk memberinya sebuah pekerjaan. Kamaji kemudian memanggil seorang gadis bernama Rin (Lin) untuk membawa Chihiro menemui Yubaba.
Chihiro and Haku
Chihiro segera menemui Yubaba dan meminta izin untuk bekerja. Yubaba kemudian menerimanya bekerja, namun dengan syarat Chihiro memberikan namanya kepada Yubaba. Penyihir tersebut mengambil kendali nama Chihiro, menaruh tanda tangan dalam kontrak dan mengubah nama Chihiro menjadi "Sen". Pagi berikutnya, Haku memberitahukan Sen bahwa orang tuanya berada di dalam kandang bersama babi-babi lainnya. Haku memberi Sen baju lamanya dan kartu bingkisan miliknya dari kawan2nya. Sen membaca kartu tersebut dan mengingat namanya.. Chihiro. Jika mereka melupakan nama asli mereka, sama seperti Haku melupakan namanya sendiri, maka hidup mereka akan dikuasai oleh Yubaba
Sen mendapat kesulitan dalam menyesuaikan diri pada kehidupan barunya, tetapi memenangkan rasa hormat dengan membatu pelanggan yang menyusahkan... yaitu "Arwah Bau" yang mengerikan dan menyeramkan. Sen membantu membersihkan arwah bau dan mengetahui bahwa dia sebenarnya adalah arwah sungai yang kuat dan kaya raya yang telah terpolusi. Sen berhasil dalam tugasnya dengan bantuan roh misterius yang mirip arwah gentayangang dan dipanggil No Face (Kaonashi), yang tertarik dengan Sen karena kebaikannya di masa lalu.
Chihiro and Kaonashi
Kaonashi memilki kemampuan untuk mengubah lumpur terlihat seperti emas. Dia melayani ketamakan para pegawai pemandian. Dia lalu menjadi liar dan memakan semua yang ada dalam jarak pandangnya, termasuk tiga orang pegawai pemandian. Sementara Kaonashi berubah menjadi monster yang tidak pernah kenyang, Haku kembali ke pemandian dengan bentuk naga, dikejar dan diserang oleh sekumpulan burung Kirigami (kertas) sihir. Dengan terluka parah, dia menemukan jalan ke kantor Yubaba. Sen mengenali naga tersebut sebagai Haku dan pergi mengejarnya, tanpa menyadari bahwa ia diikuti oleh salah satu burung kertas.
Ketika mencari Haku, Sen bertemu dengan bayi Yubaba bernama Boh, yang ingin bermain dengannya. Sen melarikan diri darinya dan melihat pelayan Yubaba, tiga kepala tanpa badan yang dipanggil Kashira. Burung kertas yang mengikuti Sen berubah menjadi Zeniba, saudari kembar Yubaba, yang mengejar Haku karena telah mencuri segelnya. Sebuah mantra dipasang dalam segel itu , sehingga siapapun yang mencurinya akan mati.
Transformer of Boh and Harpy
Zeniba mengubah sang bayi menjadi tikus, pelayan Harpy Yubaba menjadi burung kecil, dan tiga kepala melayang menjadi mirip Boh, untuk mengolo-olok Yubaba. Haku memotong burung kertas menjadi dua bagian dengan ekornya, yang menyebabkan kehadiran Zeniba menghilang. Haku kemudian jatuh ke perapian bersama2 Sen, dan jatuh di ruangan pemanas. Sen lalu memberi makan Haku kue herbal dari Roh Sungai, yang menyebabkan dia memuntahkan segel dengan mantra racun di dalamnya. Lalu Sen bertekad untuk mengembalikan segel milik Zeniba dan meminta maaf kepadanya. 
Sebelum pergi, Sen kembali ke pemandian untuk menemui Kaonashi, yang memangil2nya dalam kemarahan. Lalu Sen memberinya makan sisa kue herbal Roh Sungai, yang menyebabkan Kaonashi memuntahkan semua makanan dan tiga pegawai pemandian yang telah dimakannya. Kerakusannya telah tersembuhkan ketika dia mengikuti Sen keluar dari pemandian tersebut. Sen dan Kaonashi, ditemani oleh Boh dan pelayan terbang Yubaba, menaiki kereta untuk pergi ke rumah Zeniba di dasar rawa.
Chihiro and Dragon Haku
Di pemandian, Haku sudah memulihkan diri dari cederanya. Ketika Yubaba mengetahui anaknya telah hilang, dia murka. Lalu Haku membuat perjanjian dengannya untuk mengambil kembali bayinya, dan balasannya dia meminta Yubaba mengirim Sen dan kedua orang tuanya kembali ke dunia manusia. Yubaba setuju, dengan satu syarat... Sen harus mengenali orang tuanya di antara babi-babi yang lain. Di pondokan Zeniba, Sen mengetahui kalau mantera yang dihacurkannya dalam tubuh Haku ternyata diletakkan oleh Yubaba, dan memungkinkannya untuk mengontrol Haku. Zeniba memberi tahu Sen kalau mantra tersebut hanya akan hancur oleh cinta.
Haku dalm bentuk naganya, menemukan Sen di pondok Zeniba. Lalu Haku membawa Sen kembali ke pemandian. Di perjalanan, Sen ingat pernah bertemu dengan Haku sebelumnya, yaitu ketika dia masih kecil. Saat itu Sen tenggelam di sungai dan diselamatkan oleh Haku, yang merupakan roh dari Sungai Kohaku. Sen lalu memberitahukan nama asli Haku adalah Kohaku, sehingga membebaskannya dari sihir Yubaba.
Back to Home
Di pemandian, Sen harus menyelesaikan tugas terakhirnya untuk membebaskan orang tuanya. Dia harus memilih mereka dari sekumpulan babi. Dengan keberanian yang meluap, Sen menerima tantangan tersebut dan menjawab pertanyaan dengan benar, yakni tidak ada satupun dari babi itu merupakan orang tuanya. Mereka lalu dibolehkan oleh Yubaba untuk kembali ke dunia manusia..dan mendapatkan kembali namanya sebagai  'Chihiro'. Haku meninggalkan Chihiro, tetapi bejanji bahwa suatu saat nanti mereka akan bertemu lagi..... *The End*


Nah, cerita ini akan lebih seru lagi jika kalian langsung menonton filmnya... Gak akan nyesal loh, dijamin kagum..hehe.. (^-^)v



Comments

  1. eeaaa,,, si ici...bener2 japanese stuff lover =p

    ReplyDelete
  2. haha..banget ami.. terutama y produksi Studio Ghibli.. (^-^)d

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KaPerLek...

Have U ever hear about KaPerLek? Do U know what its mean? I got this this word from my mother. KaPerlek its mean "Kapan Perlu Lekas". Hahaha...Funny ha? ^o^ Let me explain about this word... (pake bahasa Indonesia ja ya..hehe).
Biasanya, istilah KaPerLek ini digunakan and ditujukan bagi orang2 yang menjalin relationship hanya berdasarkan kebutuhan dirinya saja. Baik dalam persahabatan or pacaran. Pada saat dia membutuhkan, maka si sohib or doi musti segera hadir and membantu dia. Makanya dibilang 'Kapan Perlu, Lekas!!'.. So, relationship seperti ini berarti gk tulus dunk... Orang seperti ini hanya menjalin persahabatan/relationship untuk kepentingan dirinya sendiri. Yah..bisa dibilang misalnya tipe relationshipnya orang2 matre... Dia berteman karena faktor harta sohibnya, or dia pacaran karena si doi tajir and banyak duit. Contoh lain..persahabatan yang hanya didasari untuk membantunya menyelesaikan tugas/PR..or nyontek waktu midterm. Kalo gk dibantu, ntar bilangnya …

Bedanya Orang Berilmu....

#ILMU.... aQ rasa semua orang sadar betul kalo ilmu itu sangat penting. Baik ilmu agama, science, sosial, maupun hukum. Artinya, ilmu Agama dan dunia itu harus seimbang untuk meraih kebahagiaan dunia-akhirat. Tapi sebenarnya apa seh yang membedakan orang berilmu dan yang tidak berilmu?
Menurut sudut pandangku..and berdasarkan pengalaman pribadi, orang yang dikatakan berilmu memiliki beberapa ciri. Diantaranya....
1. Orang berilmu adalah orang yang mampu membagikan ilmunya kepada orang banyak. Sehingga ilmu tersebut bermanfaat bagi orang lain.
Nah, untuk point yang ini...sayangnya masih banyak orang-orang yang punya gelar tinggi (master, P.hD or profesor bahkan Ustd, Ustd, Kiai n H/Hj) masih belum mampu membagikan ilmunya kepada orang lain. Or bisa dibilang mereka pintar untuk dirinya sendiri. Ada beberapa contoh yang bisa aku berikan..dan ini semua berdasarkan pengalaman ku sendiri.

Broken Heart.....

Broken heart alias patah hati.... ini bukan tulisan or cuhat anak ABG yang baru patah hati dengan cowoknya...or patah hati krn cowok y ditaksir gk ngerespon balik perasaaannya..... ini corat-coret tentang broken heart yang lebih elegant..hehe Broken heart bisa dimaknai dalam berbagai hal...salah satunya seperti yang baru saya alami... broken heart karena usaha yang saya lakukan untuk sertifikasi dosen hampir saja gagal total karena reserver yang gk jelas. Terhitung sejak tanggal 30 Juni 2015 yang lalu, saya sudah sangat mati2an ngurusin semua berkas n syarat untuk serifikasi dosen ini.  Mulai dari pemberitahuan yang kepepet bahwa nama saya lolos untuk Gelombang I Sertifikasi Dosen 2015... and harus pontang-panting untuk daftar test TKDA dan TKBI. Untung bisa slesai dalam satu hari, dan masih bisa ikut test terakhir pada tanggal 02 Juli 2015 di Universitas Syiah Kuala. Gk sempat belajar..tapi Alhammdulillah nilainya "aman" ^^. Trus bolak-balik ke Kopertis 13 untuk mengambil p…